Jalan-jalan di Singapore : The Fine City

July 8, 2008 at 3:54 am Leave a comment

Tujuan pertamaku adalah merlion park, harapannya sii biar gak kepanasan di sana. Dari Harbourfront MRT Station kami langsung beli tiket menuju city hall. Di stasiun tersedia peta MRT gratis yang bisa kita ambil. Tapi aku dah bawa peta sendiri yang aku download lewat www.visitsingapore.com. Website resmi turisme Singapore ini keren banget n bisa dibilang cukup lengkap. Selain itu ada berbagai pilihan bahasa sehingga memudahkan para pengunjung dari mancanegara. Kayaknya perlu ditiru deh sama Kementerian Pariwisata kita…

Di setiap MRT juga ada passenger service. Jadi kita bisa tanya2 gitu. Misalnya nanya “Kalo mau ke Merlion turun di stasiun apa?”. Kita juga bisa tuker recehan disana. Soalnya kalo mau beli tiket kudu pake receh.. antara C10 sampe $5. Karena kami cuma semalam di Singapore, kami beli standard ticket. Kalo tinggal lumayan lama di Singapore kayaknya mending beli EZ link yang bisa dipake buat MRT dan bus.

Beli tiketnya di semacam mesin gitu. Ada menu pilihannya, misalnya buat beli standard tiket. Abis itu kita tinggal mencet di touch screen, stasiun MRT mana yang kita tuju. Terus tinggal pilih buat berapa orang. Abis itu ketauan deh total biayanya n kita bisa masukin uang ke dalam mesin. Mesinnya bisa ngeluarin uang kembalian juga lho!! Harga tiket standard ini termasuk deposit SGD 1, jadi jangan lupa ambil lagi depositnya…

Abis beli tiket, kita bisa masuk ke peron. Tiketnya akan di… apa yaa istilahnya?? Pokoknya kayak ditempel gitu ke mesin yang ada di jalur masuk. Ntar pas keluar peron stasiun, tiketnya juga ditempel lagi ke mesin. Jangan sampe keluar di stasiun yang salah. Kalo kecepatan turun sii sepertinya gak masalah, paling tiketnya masih nyisa. Tapi kalo kelewatan turunnya n kita langsung keluar peron, kita bisa didenda SGD20!!!

Begitu kereta datang, kami langsung naik. Kereta tujuan Punggol. Rasanya seneeeeng banget….. karena tujuan utamaku ke Singapore emang mau ngerasain naek kereta bawah tanah huehehe Ndeso banget ya ;p Keretanya bagus. Bersih. Di kereta ada berbagai larangan. Makan dan minum bisa didenda SGD 500. Merokok kalo gak salah didenda SGD 1000. TErus gak boleh bawa durian juga dll. Setiap mendekati stasiun berikutnya selalu ada pengumuman kayak kalo kita naik busway gitu. Jadi gak perlu khawatir nyasar..

Sampe di Outram Park, kami turun buat ganti kereta. Fyi, saat ini ada tiga jalur MRT di Singapore. Jalur ungu (North East Line) jurusan Harbourfront-Punggol, jalur merah (North South Line) jurusan Marina Bay – Jurong East, dan jalur hijau (East West Line) jurusan Boon Lay – Pasir Ris. Di antara jalur2 tersebut ada stasiun interchange buat kita yang perlu pindah jalur.

Outram Park adalah interchange buat pindah ke jalur hijau. Dari sini, kami naik kereta ke arah Pasir Ris n turun di MRT City Hall. Sampe di City Hall, kami jalan kaki ngikutin papan tanda yang mengarah ke Esplanade. Waktu itu pertimbangannya karena Esplanade berseberangan dengan Merlion. Wilayah bawah tanah Singapore itu kayaknya emang tertata banget euy… Stasiun MRT City Hall juga tersambung dengan City Mall n Suntec City.

Jalan kaki sambil gotong2 tas tidak jadi masalah di Singapore. Penduduk Singapore cuek kok. Lagian emang banyak banget turis yang kayak gitu, so tidak menjadi pemandangan aneh. Masalahnya cuma pegel di kaki. Jalannya itu lho….jauuuuuuhhh banget. Mana cuaca Singapore juga panaaass banget!

Setelah jalan yang rasanya 1 KM lebih, kami sampe di Esplanade. Istirahat bentar n foto2 deh di bawah rerimbunan pohon Esplanade Park. Dari sini kita bisa ngeliat merlion n Fullerton Hotel di kejauhan. Abis itu jalan lagi deh ke Merlion melintasi jalan Esplanade Drive. Waktu kita sampe Merlion Park, cuaca sangat panas tapi banyak banget turis foto2 di sana. Kayaknya ke Singapore emang belum sah yaa kalo belum foto sama Singapore lion…

Merlionnya ada dua, satu yang sering tampil di brosur Singapore satunya lagi yang lebih kecil. Katanya anak merlion huehehe. Tapi ternyata Merlion tuu kecil ya?? Kirain setinggi monas!! Jadi sebel juga jalan sejauh itu cuma buat liat patung kecil!!!!

Puas liat Merlion, kami jalan di kolong antara Esplanade Drive n Fullerton Road buat ke sisi seberangnya (Fullerton Hotel). Ternyata di kolong jalan ini ada Starbucks Coffee! Jadi berasa kalo di Singapore, Starbucks itu bukan cafe elite wakakakak =D

Tujuan berikutnya adalah cari penginapan. Mengingat kaki ini dah pegel sekali sehingga tidak sanggup jalan balik ke MRT Cityhall, kami memutuskan naik taksi. Tapi ada enaknya juga naik taksi. Supir taksinya nunjukin ke kita tempat2 terkenal di Singapore. Kalo naek MRT kan gak bisa liat apa2.. secara di bawah tanah gitu..

Kami ngelintasin Hotel Raffles, Gedung Parlemen, sama Raffless Landing Site. Katanya itu tempat Raffles pertama kali menjejakkan kaki ke Singapore. Gileee jaraknya jauh banget dari laut. Supir taksinya bilang semua itu hasil reklamasi pantai. Lokasi merlion sekarang, dulunya adalah laut!! Si Merlion itu baru dipindahin ke sana. Waaaa.. gua pikir, ni pasir dari Negara gua ni. Indonesia makin mengecil… Singapore makin luas… Nasib…. Nasibbb… Kenapa orang Indonesia kurang cerdas ya??? (kayaknya bilang kurang cerdas lebih halus daripada bilang bego banget he3)

Kita juga bisa konsultasi penginapan sesuai budget sama supir taksi yang kebetulan etnis Tionghoa tapi bisa bahasa Melayu. Kita diarahin ke Little India. Supir taksi bilang, Geylang is a big NO! Red light District katanya…

Entry filed under: Jalan-jalan. Tags: .

Liburan ke Singapore via Batam! Belajar dari tetangga: Singapore Litter Free!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2008
M T W T F S S
« Jun   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: