Belajar dari tetangga: Singapore Litter Free!!

July 8, 2008 at 4:14 am 1 comment

Kalo aku bilang Indonesia jauh lebih indah dari Singapore, kayaknya mayoritas masyarakat dunia setuju. Tapi sayangnya… bangsa Indonesia belum bisa memelihara lingkungannya.

Sebaliknya, Singapore hampir gak punya pemandangan alam. Kebanyakan artificial.. Bahkan air terjun yang ada di Jurong Bird Park juga buatan.. Tapi mereka memiliki kemauan dan kemampuan untuk memelihara lingkungan biar enak dipandang mata dan nyaman buat ditinggali.

Jarak Batam – Singapore hanya ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.. deket banget kan dari Indo?? Tapi kenapa budaya tata tertib masyarakatnya beda banget yak?!?

Pernah gak liat orang buang sampah sembarangan di Singapore?? Pasti nggak deh. Orang Indonesia yang kalo di negaranya sendiri cuek banget nyampah di mana2, gitu sampe Singapore mendadak jadi anggota masyarakat yang tertib. Buang sampah pada tempatnya, meludah pada tempatnya, nyebrang jalan pada tempatnya, merokok juga pada tempatnya. Jangan berani2 merokok di dalam ruang publik di Singapore! It’s strictly prohibited by law.

Kalo lampu merah, semua kendaraan berhenti di belakang garis stop.. and mereka baru jalan lagi kalo lampu lalu lintas dah bener2 berubah jadi hijau!!

Satu lagi yang menarik dari penduduk Singapore: jarang menggunakan kendaraan pribadi. Saking jarangnya liat kendaraan pribadi di Singapore, aku sampe berpikir kalo penduduk Indonesia itu jauh lebih kaya dari penduduk Singapore =D

Penduduk Singapore juga hoby jalan kaki. Mungkin karena terpaksa ya karena di sana gak ada ojek n bajai huehehe. Tapi hal itu membuat kualitas udara Singapore menjadi jauh lebih bersih dari Jakarta! Mereka biasanya berjalan ke halte bus atau MRT Station. Jarang deh yang naik kendaraan pribadi, jadi jalanan Singapore gak menderita macet parah kayak Jakarta. Mungkin hal tersebut akibat kebijakan pemerintah Singapore yang emang mengenakan pajak tinggi bagi pemilik kendaraan, pembatasan usia kendaraan, tarif parkir yang tinggi, dll. Kebijakan tersebut juga didukung oleh penyediaan sarana transportasi massal yang nyaman, aman, dan memadai.

Pemerintah Indonesia, sebaiknya mulai berpikir untuk membuat kebijakan yang mengarah pada moda transportasi massal. Daripada terus-menerus membangun jalan tol dan melebarkan jalan yang Cuma semakin memanjakan para pencinta mobil, lebih baik uang trilliunan rupiah tersebut dipakai untuk meremajakan bus-bus kota.. memperbaiki kualitas pelayanan busway dan kereta api.

Indonesia ramah lingkungan! Kapan ya bisa terwujud??

Entry filed under: Bumiku Cintaku, Jalan-jalan. Tags: .

Jalan-jalan di Singapore : The Fine City Penginapan Murah di Singapore

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2008
M T W T F S S
« Jun   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: