Liburan ke Singapore via Batam!

July 3, 2008 at 8:53 am 5 comments

Tanggal 24 Juni 2008 kemarin, aku jalan ke Singapore via Batam. Karena hotel kita di Batam terletak di wilayah duyung sei jodoh, pelabuhan yang paling dekat adalah Harbour Bay (Batu Ampar). Pelabuhan Harbour Bay ini masih baru dan bagus. Fery yang melayani jalur Harbour Bay – Harbourfront Centre kayaknya cuma fery wavemaster.

Biar bisa jalan2 puas di Singapore, kami sengaja naik fery yang paling pagi, jam 06.45. Harga tiket fery PP SGD $27 (sudah termasuk pajak pelabuhan Batam, tapi ntar pas kembali dari Singapore ke Batam harus bayar pajak lagi SGD $ 21 di Harbourfront). Abis bayar tiket n dapet kartu imigrasi plus bayar fiskal Rp 500.000 di konter fiskal, kami masuk ke jalur antrian buat dapat cap petugas imigrasi. Setelah itu kami bisa masuk ke dalam fery. Berhubung ferynya gak pake no tempat duduk, jadi bisa pilih tempat yang paling pw deh…

Wavemaster Fery nya lumayan bagus. Walaupun hari itu bukan weekend, fery terisi penuh. Perjalanan fery dari Harbour Bay ke Singapore sekitar 45 menit. Perbedaan waktu Batam dan Singapore adalah 1 jam, jadi pas nyampe di sana udah sekitar jam 08.30 waktu Singapore. Begitu memasuki wilayah Singapore, sinyal HP XL ku otomatis berubah jadi Singtel M1. Jadi tetep bisa telpon dan SMS. Tapi biayanya mahal banget! Rp 4000/SMS!!!

Sampe di Harbourfront, kami langsung antri ke jalur all pasport. Rata2 petugasnya orang Melayu atau keturunan India/Pakistan yang bisa berbahasa Melayu. Jadi gak perlu khawatir buat yang bahasa Inggrisnya dibawah rata-rata seperti aku ini huehehe.. Petugas imigrasi Singapore biasanya nanya pertanyaan standar..
”Berapa hari di Singapore?”
”Sudah pernah dilarang masuk ke Singapore?” dllsb.

Begitu kelar wawancara singkat, dapet stempel ijin masuk bebas visa buat 30 hari, plus ngambil sidik jari, kita bisa keluar dari wilayah pelabuhan.

Pelabuhan Harbourfront Centre nyambung dengan mall, stasiun MRT, terminal bus, Sentosa monorail express dan cable car Sentosa. Karena tujuan pertama adalah merlion park, kami pun jalan ke Harbourfront MRT Station. Pemerintah Singapura menyiapkan cukup banyak papan petunjuk. Jadi jangan khawatir nyasar. Lagian kita juga bisa tanya2 arah ke petugas ataupun warga Singapura.

Entry filed under: Jalan-jalan. Tags: .

Menggapai Impian Satu: Ayo kurangi sampah Jalan-jalan di Singapore : The Fine City

5 Comments Add your own

  • 1. kukun  |  October 22, 2008 at 3:34 am

    Hai.. saya sdh baca semua artikel dirimu, Sepertinya dirimu nyaman ya disana..sy pun pernah kesana sekitar tahun 1992 dan terakhir
    saya kesana tahun 1994 dulu aja sdh bagus apalagi sekarang …woooowww …jadi kepengen kesana lagi…saya punya rencana insyaallah tahun depan bulan maret mu bawa anak ke rumah sakit (s’pre eyes center). kalau boleh saya tanya, harga tiket ferry PP bener cuma $27 dan dari S’pore cuma $21 dan MRT untuk jarak terjauh kira2x berapa ya?..apakah taxi disana sangat mahal?.. (maklum waktu itu saya masih nebeng sama orang tua. jadi engga pernah tau menau soal bayar2xan…he..he..he..).. terima kasih atas informasinya.. Oh. iya, kalau makan yang murah disana dimana:).. MC.Donaldnya murah tdk?..

    Reply
  • 2. paunx  |  October 23, 2008 at 2:05 am

    Pak Kukun, waktu akhir Juni kemarin saya ke sana, tiket wavemaster PP Batam – S’Pore emang SGD $ 27. Tapi ya waktu mau balik dari S’pore ke Batam kena pajak lagi yang lumayan mahal SGD $ 21.

    Untuk MRT jarak terjauh saya kurang tau, tapi sepertinya tidak lebih dari $5, itupun termasuk deposit $1 yang ntar bisa kita ambil lagi.
    Taksi di sana relatif tidak mahal Pak. Kemarin itu saya naik taksi dari city hall ke little India hanya sekitar $7. Satu taksi maksimal 4 orang. Jadi kalo bawa keluarga, mending naik taksi kali ya.. Apalagi kadang jarak dari stasiun MRT ke penginapan bisa lebih dari 300 meter. Tapi jangan naik taksi Limo yang warnanya putih, tarifnya lebih mahal. Kayak silver bird kalo di Jakarta.
    harga McDonald hampir sama aja dengan di Jakarta Pak. Waktu di sana saya tidak sempat wisata kuliner.. Tapi sempet makan nasi padang di foodcourt yang ada di mall. Sekitar $4. Oh iya, buat yang Muslim, foodcourtnya suka di pisah antara section halal food dan non halal food. Jadi kita bisa lebih mudah cari makan. Untuk resto fast food kayak McD juga ada sertifikat halalnya.
    Info lebih lengkap tentang S’pore bisa liat di blognya Pak Indra (http://ip.sg.or.id/2006/06/28/penginapan-murah-di-singapura/)

    Reply
  • 3. irfan  |  December 13, 2008 at 6:27 pm

    klo dari jakarta ke batam kena brapa ya..biaya naek pesawatnya.

    Reply
    • 4. paunx  |  December 15, 2008 at 1:24 am

      Biaya pesawat jakarta-batam fluktutif Mas.
      Coba cek aja di website maskapai penerbangan seperti air asia, batavia air, lion air, dll.

      Reply
  • 5. indigo  |  March 1, 2009 at 2:54 pm

    nanya dunk…
    klo makanan kan udh jelas boleh ya dibawa masuk ke spore.
    nah klo daun pepaya boleh nggak ya ? sebab adikku ngidam pingin makan daun pepaya rebus, kbetulan aku mau ke spore minggu depan
    pls jwb yah mas, Thx ya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

July 2008
M T W T F S S
« Jun   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: